Rabu, 06 Juli 2011

Investasi Cilegon Capai Rp30 Triliun


CILEGON, – Kota Cilegon masih memiliki daya tarik tersendiri bagi investor, baik dalam maupun dari luar negeri. Data dari Kantor Penanaman Modal (KPM) Cilegon menyebutkan Pada akhir tahun 2010 lalu, Kota Cilegon mendapatkan Inventasi tambahan sebesar Rp30 triliun.
Jumlah itu hasil dari sembilan inventasi perusahaan industri pendatang baru yang menanamkan modal sahamnya. Pasalnya, nilai investasi tertinggi diduduki oleh proyek Krakatau Posco yang memberikan inventasi hingga Rp26 triliun rupiah, sedangkan empat triliun sisanya didominasi oleh perusahaan industri lainnya. Hal itu dikatakan, Kepala seksi Fasilitas dan Pengendalian KPM Kota Cilegon Harry Talman kepada Banten Pos, rabu (15/6).
Harry mengatakan, hingga saat ini Kota Cilegon masih banyak diminati oleh berbagai investor baik dalam negeri maupun luar negeri. Hingga akhir 2010 lalu, tercatat sebanyak sembilan investor perusahaan baru dengan jumlah investasi bisa dibilang  tinggi hingga mencapi Rp30 triliun.
Ketertarikan para investor itu, kata dia, terlebih karena wilayah geografis Kota Cilegon yang setrategis. Cilegon dekat dengan daerah pantai serta letak Kota Cilegon juga dekat dengan Ibukota Jakarta. Letak strategis itu lanjutnya, menjadikan kota ini sebagai daerah investasi yang menarik bagi calon investor. “Untuk menambah minat investor, kami terus melakukan promosi kepada para investor agar bisa menanamkan investasinya ke wilayah Kota Cilegon,” ujarnya.
Harry juga menambahkan, Minat para inventor itu juga tidak terlepas dari penilai Komite Pemantau Pelaksanaan Otonomi Daerah (KPPOD) pada Tahun 2004 lalu, yang menetapkan Cilegon sebagai daerah dengan daya tarik investasi berkategori A. Penilai  KPPOD dengan predikat A itu merupakan penilaian positif bagi keberlangsungan investor yang ingin menanamkan modalnya di wilayah Cilegon. “Sebenarnya, pada tahun 2011 ini, banyak juga yang ingin  mengajukan investasinya, namun karena masih ada berbagai kendala, investor itu masih dipending terlbih dahulu,” ungkapnya. 
Harry menjelaskan, peluang investasi yang banyak diminati di Kota Cilegon adalah bidang usaha industri seperti, besi, baja, kimia, plastik dan manufaktur,“Keberadaan pelabuhan bertaraf internasional dan adanya banyak pelabuhan khusus di Cilegon juga menjadi nilai tambah. mungkin kalau pelabuhan Kubangsari selesai dibangun, investor akan semakin berminat, ” tandasnya. (CR-1)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar