Rabu, 06 Juli 2011

Motivasi lingkungan, Lebih Diutamakan


 PULOMERAK, – Motivasi tentang lingkungan kepada generasi muda pada saat ini adalah yang paling utama. Dengan motivasi yang tertanam pada jiwa pemuda akan menumbuhkan kesadaran diri dan kepedulian terhadap lingkungan sekitar. Demikan dikatakan Ketua Gabungan Pecinta Alam Pulomerak-Gerogol (GP3) Ma’ruf kepada Banten Pos usai melepas peserta yang mengikuti penghijauan di SDN Pulomerak, Minggu (19/6).
Ma’ruf mengatakan, kepedulian terhadap lingkungan harus mulai ditumbuhkan kepada generasi muda terutama kepada para pelajar. Itu dilakukan untuk memberikan pemahaman mengenai permasalahan lingkungan yang selama ini kerap terjadi. “Kami fokuskan kepada para pelajar, karena menurut kami pelajar adalah calon para intelektual,” ujarnya.
Selain memberikan motivasi, lanjutnya, pelajar yang mengikuti kegiatan penghijauan itu juga dilatih untuk  untuk bisa menimbulkan inisiatif sendiri dengan membawa pohon dari rumah masing-masing untuk dipindahkan ke wilayah Gunung Batur sebagai lokasi utama kegiatan penghijauan. “Acara ini sebenarnya untuk memperingati hari lingkungan hidup, serta HUT Cilegon yang ke-12” ungkapnya.
Ma’ruf menyatakan, pelajar yang ikut serta dalam penghijauan itu terbilang cukup antusias. Itu terbukti dengan 300 peserta yang ikut hadir dari sekolah SMP dan SMA seluruh Kota Cilegon. Peserta itu nantinya, kata dia, dalam perjalanan menuju lokasi penghijauan, mereka akan diperlombakan untuk mengisi soal-soal seputar lingkungan hidup, yang nantinya akan diambil pemenang untuk mendapatkan trofi sebagai penghargaan mereka. “Semoga saja dengan adanya trofi yang diberikan kepada pemenang akan menambah semangat mereka yang ikut hadir untuk menghijaukan lingkungan,” harapnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Cilegon Ibnu Hajar mengatakan, Gunung Batur yang menjadi lokasi penghijauan merupakan langkah tepat, karena lokasi itu sudah dijadikan sebagai lokasi wisata alam yang harus diperbaharui lingkungannya. “Sementara ini gunung batur belum bisa sepenuhnya dipelihara, itu disebabkan banyak faktor yang menjadi kendala,” ucapnya.
Ibnu berharap dan menghimbau kepada GP3 sebagai panitia pelaksana, untuk selalu mengadakan kegiatan-kegiatan yang mendidik serta berdampak positif kepada masyarakat luas. “Kegiatan penghijauan seperti ini merupakan kegiatan yang positif untuk merangsang daya pikat pelajar terhadap kepedulian terhadap lingkungan. Apabila Kegiatan seperti ini selalu diadakan, pastinya Pemkot Cilegon tidak akan segan untuk mendukung kegiatan ini,” pungkasnya. (CR-1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar