Jumat, 11 Maret 2011

Perokok Remaja Semerbak

















Cilegon,
               


Usia remaja merupakan usia labil yang masih mempunyai rasa ingin tahu yang sangat tinggi, dari rasa ingin tahu itu biasanya remaja mempraktekan setelah apa yang ingin di ketahuinya itu menjadi sorotan teman-teman sepergaulannya, yang menjadi permasalahan adalah dari rasa ingin tahu yang sangat inggi itu kebanyakan rasa ngin tahu yang menyimpang ke rasa ingin tahuan yang negatif mungkin dari faktor lingkungan atapun dari faktor-faktor lain dari kebiasaan remaja tersebut berkumpul dalam sehari-hari.
Dalam berbagai kasus mengenai remaja, salah satunya adalah menjadi perokok selayaknya orang dewasa. tidak di pungkiri memang peredaran rokok di negeri tercinta  ini tidak dapat di bendung mengingat pajaknya yang begitu besar untuk Negara. Mungkin karena peredaran yang begitu bebas tersebut serta kebiasaan masyarakat Indonesia mengkonsumsi rokok (red)  remaja tersebut terbiasa berjumpa dan berdampingan dengan rokok.

Opini dari perokok kecil ini sangat beraneka ragam, mulai dari sekedar ikut-ikutan dan akhirnya kecanduan sampai mengikuti tren globalisai karena takut di katai banci apabila tidak merokok, salah satunya adalah Tm yang mengaku merokok semenjak kelas enam sekolah dasar (SD) yang berawal dari coba-coba menghisap rokok dari teman yang lebih dewasa darinya, “ asalnya sih mas batuk-batuk waktu pertama kali nyoba, sekarang mah udah biasa” ungkapnya. Lain lagi keterangan dari Sy, Sy merokok semenjak kelas dua SMP karena ikut-ikutan teman-temanya yang selalu mengatai Sy banci dan tidak gaul, “asalnya sih saya juga nggak mau, tapi saya di katain banci terus sama temen-temen, jadi saya terpaksa merokok, eh akhirnya saya mpe sekarang kecanduan, jelasnya.

Perokok remaja ternyata belum di ketahui oleh Badan keluarga berencana dan pemberdayaan perempuan (BKPP) bagian bidang perlindungan anak Nunung doifah,Se, saya belum pernah liat tuh pak kalo ada perokok di bawah umur”, elaknya. Nunung mengaku bahwa dirinya bertugas di bagian perlindungan anak kota cilegon belum lama, jadi mengenai masalah ini nunung tidak dapat berkomentar banyak. (us)
(sumber MPP)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar