Rabu, 06 Juli 2011

Kelurahan Citangkil Wakili Kota Cilegon Ketingkat Provinsi


CITANGKIL, - Kelurahan Citangkil satu-satunya kelurahan yang mewakili Kota Cilegon  ditingkat Provinsi Banten tahun 2011. Kelurahan Citangkil, Kecamatan Citangkil menggeser 42 Kelurahan dari delapan Kecamatan yang ada di kota Cilegon, yang sebelumnya mengikuti perlombaan kelurahan tingkat Kota dalam menjalankan program-program Pemkot Cilegon. Pasalnya, Kelurahan Citangkil menjadi saingan cukup berat bagi kelurahan-kelurahan yang ada di Kabupaten Tangerang.
Asda I Setda Kota Cilegon Ati Marliati mengatakan, Kelurahan Citangkil merupakan salah satu dari 43 kelurahan yang ada di Kota Cilegon yang memiliki tingkat partisipasi masyarakat yang cukup aktif dalam mendukung program pembangunan yang dicanang Pemkot Cilegon. "Saya menilai memang kesungguhan masyarakat Citangkil cukup baik. Setiap program yang digulirkan pemerintah, masyarakat Citangkil cepat tanggap," ujarnya, Senin (20/6)
Ati mengungkapkan,  pada tahun ini, dia cukup optimis kalau Kota Cilegon bisa menjadi yang terbaik dalam ajang lomba kelurahan tingkat Provinsi Banten pada tahun 2011. Dia menambahkan, untuk membangun keterpaduan masyarakat dalam membangun kebersamaan bermasyarakat tidaklah mudah, namun kata dia, masyarakat Citangkil mampu membuktikan itu. “Semoga saja kelurahan lain yang ada di Kota Cilegon bisa mencontoh prestasi Kelurahan Citangkil ini,” pungkasnya.
Terpisah, Wakil ketua tim penilai Provinsi Banten Casto Suyono mengatakan, selama ini Kota Cilegon baru bisa mencapai dua besar dalam ajang lomba kelurahan tingkat Provinsi Banten. Walapun begitu, Kelurahan yang mewakili Kota Cilegon dari tahun-ketahun selalu menunjukkan optimisme dan perkembangan pembangunan yang luar biasa. Setelah kami mengamati kondisi kelurahan Citangkil ini, sepertinya Kota Cilegon memang selalu menjadi pesaing ketat dari Tangerang," ujarnya usai melakukan penilaian terhadap Kelurahan Citangkil.
Casto mengungkapkan, pada tahun 2009, Kota Cilegon masuk sebagai tiga besar. Sementara tahun 2010 lalu menjadi runner up. Ini membuktikan lanjutnya, bahwa Kota Cilegon sudah cukup kompetitif dan mampu bersaing. Mudah-mudahan tahun ini bisa lebih baik, dengan menjadi juara," jelas Casto.
Menurut Casto, penilaian dalam lomba ini, tidak hanya berpatokan pada sisi administrasi dan infrastruktur kelurahan. Yang diutama dalam penilaian perlombaan itu adalah partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Kami menilai, Kelurahan Citangkil sudah mampu membuktikan pembangunan yang cukup baik didukung oleh partisipasi masyarakat yang cukup luar biasa," tuturnya.
Casto menambahkan, selain partisipasi masyarakat, perkembangan pembangunan kelurahan juga didukung oleh kebijakan pemerintah daerah. Setiap program-program yang digulirkan oleh pemerintah daerah juga berdampak pada perkembangan pembangunan di Kelurahan.
Terlebih di Kota Cilegon kata dia, program-program yang digulirkan Walikota Cilegon cukup mendukung kepada masyarakat Cilegon. Program itu Seperti, program padat karya, program pro-rakyat 1 miliyar 1 kecamatan untuk mendukung UKM, sekolah dan buku gratis, dan program lainnya. “Seharusnya bukan hanya satu kelurahan yang mewakili, mungkin tahun depan bisa lebih dari satu kelurahan yang mewakili Kota Cilegon,” pungkasnya.
Sementara itu, Lurah Citangkil Apipudin menegaskan, dalam perlombaan itu sangat optimis kalau Citangkil bisa mempersembahkan yang terbaik bagi Kota Cilegon.Paling tidak kalau tidak mendapat juara satu, kita sudah bekerja keras semampu kami,” ujarnya gemetar. (CR-1)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar