Rabu, 06 Juli 2011

Waktu Sosialisasi Bintek Dipersempit Anggaran Dana Menjadi Alasan


CILEGON, – Sosialisasi Bimbingan Teknik (Bintek) kepada Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di Kota Cilegon dipersingkat menjadi satu hari. Seharusnya sosialisasi Bintek itu idealnya dilaksanakan minimal selama empat hari. Pasalnya, itu disebabkan karena keterbatasan dana Panwaslu Kota Cilegon untuk mengadakan Sosialisasi itu pada Pilgub tahun ini. Hal itu dikatakan Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Cilegon Syamsul Rizal ketika dikonfirmasi usai pelantikan dan sosialisasi teknik Panwascam di Hotel Sukma, Senin (27/6).
Syamsul mengatakan, jadwal sosialisasi Bintek kali ini cukup padat, itu dikarenakan Bintek yang seharusnya dilaksanakan minal selama empat kali pertemuan dijadikan satu kali pertemuan. Sebetulnya kalau dikatakan efektif atau tidak, kata dia, bisa dibilang tidak efektif dalam pelaksanaannya, karena tidak mungkin anggota Panwascam bisa mengusai materi yang ada pada Bintek secara keselurahan dengan waktu yang singkat. Namun karena keterbatasan dana yang ada, jadi pelaksanaan Bintek terpaksa dilaksanakan satu hari. “Saya rasa mereka juga sudah cukup mengerti dengan isi Bintek, mengingat anggota Panwascam yang dilantik kebanyakan wajah lama,” ujarnya.
Bintek itu lanjutnya, dalam penguasaan materinya tidak juga selalu disuguhi melalui sosialisasi. Namun Bintek akan cepat dipahami oleh anggota Panwascam, berbarengan dengan berjalannya pelaksanaan pilgub, dan juga materi Bintek bisa dipelajari dirumah masing-masing. “Saya harap hal itu tidak menjadi kendala mereka, yang lebih diutamakan adalah keseriusan mereka dalam mengemban tugas,” tuturnya.
Syamsul menjelaskan, Anggota Panwascam yang dilantik kali ini sebanyak 24 orang. Itu terdiri dari tiga orang anggota Panwascam yang terpilih untuk mengawasi didelapan  kecamatan yang ada di Kota Cilegon. “Semoga saja dengan dibacakannya sumpah pada pelantikan itu, mereka bersungguh-sungguh dan tidak melanggar sumpah yang telah diucapkan itu,” pungkasnya.
Sementara itu, Humas Panwaslu Provinsi Sabihis mengatakan, dengan adanya keterbatasan dana yang ada itu, diharapkan kepada Panwaslu Kota Cilegon dan Panwascam tidak membuat kinerja dalam mengawasi pelaksanaan Pilgub tahun ini mengendur.
Dengan dipersingkatnya pertemuan Bintek lanjutnya, juga diharapkan Panwascam serius dalam mengikuti Bintek yang cukup singkat itu. “Saya menghimbau kepada anggota panwascam yang ada di kota Cilegon agar benar-benar melaksanakan tugas walaupun dengan banyak keterbatasan fasilitas. Itu dikarenakan pelaksanaan Pilgub adalah amanat dari masyarakat dan nantinya akan dimintai pertanggungjawabannya,” tandasnya. (CR-1)             

Tidak ada komentar:

Posting Komentar