Rabu, 06 Juli 2011

Perhatian Pemkot Pada sektor Pertanian, Perlu ditingkatkan


GROGOL, – Sektor perekonomian Kota Cilegon harus terus ditingkatkan, bukan hanya pada sektor industrinya saja, melainkan pada sektor pertanian pun harus mulai ditekankan. Pasalnya, ekonomi yang terendah di Kota Cilegon terdapat pada para petani. Itu dikarenakan kurangnya perhatian dari Pemkot Cilegon. Hal itu dikatakan Mantan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Abdulatif M Muksin kepada Banten Pos, Jumat (1/7).

Abdulatif mengatakan, peningkatan ekonomi melalui sektor pertanian sudah harus mulai ditingkatkan. Hal itu dilakukan untuk menyeimbangkan sektor ekonomi industri yang selama ini menjadi sektor utama di Kota Cilegon. Sementara pada sektor pertanian masih jauh tertinggal. Hingga saat ini lanjutnya, warga Cilegon yang memiliki profesi sebagai petani dan nelayan masih terbilang miskin. “Lihat saja petani dan nelayan disini, penghasilannya masih jauh dari cukup,” ujar pria yang pernah menjabat sebagai anggota komisi III DPRD Cilegon itu.

Pendanaan untuk sektor pertanian di Kota Cilegon sebenarnya kata dia, cukup dengan 5 persen dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemkot Cilegon. Apabila Pemkot Cilegon berani mengeluarkan dana sebesar itu untuk sektor pertanian, diharapkan perekonomian petani di Kota Cilegon bisa terbantu. “Tanah di Cilegon lumayan bagus apabila dimanfaatkan untuk pertanian,” ucapnya.

menurutnya, lahan pertanian yang cocok di Kota Cilegon yaitu untuk ternak bididaya ikan tawar. Jenis ternak ikan tawar lanjutnya, mudah dibudidayakan oleh warga setempat karena perawatannya cukup sederhana. Jenis ikan tawar yang mudah dibudidayakan kata dia, diantaranya, ikan mujaer, ikan emas, lele, nila, dan jenis ikan tawar lainnya. “Saya rasa kalau Pemkot serius untuk meningkat perekonimian petani, para petai tidak akan tertinggal,” ungkapnya.

Disamping itu juga lanjutnya, semakin meningkatnya jumlah penduduk yang diikuti dengan tumbuhnya pusat-pusat kegiatan perdagangan, pelayanan umum dan jasa serta berkembangnya daerah-daerah pemukiman, merupakan prospek pasar yang potensial apabila dilihat dari sisi komersial di Kota Cilegon.

Dengan hal tersebut kata dia, pengembangan usaha pertanian masyarakat perlu terus ditingkatkan sehingga peluang usaha dalam bertani dapat dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat secara luas, dan juga diharapkan ketergantungan pada sektor industri dapat diatasi. Orang yang bekerja pada sektor industri, pastinya hanya orang yang memiliki tingkat pendidikan yang mumpuni,” ujarnya.

Abdulatif menghimbau kepada  masyarakat Kota Cilegon agar lebih merubah kearah perubahan pola sikap dan pola berfikir yang lebih maju. “Saya rasa sektor pertanian pun bisa membuat orang maju, apabila ada perhatian dari pemerintah,” pungkasnya. (CR-1)  



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar